Sunday, May 28, 2017

Apa Itu PCI?



PCI (Peripheral Component Interconnection) adalah bus yang pada awalnya didesain untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang dipakai dalam system komputer yang lama seperti IBM dll. Saya akan me-review penjelasannya dari beberapa buku yang sudah saya baca.

Yang ada tanda biru itu dinamakan dengan PCI Slot.

1. PCI Slot

Terus sekarang apa itu PCI? sejatinya PCI itu adalah slot dan adapter yang berhubungan untuk modem, LAN card, keyboard dan perangkat I/O yang lainnya.

Perbedaan PCI Slot dan PCI Adapter

PCI slot itu yang terdapat pada motherboard (seperti gambar 1), sedangkan PCI adapter sendiri sebagai contoh adalah NIC (Network Interface Card).

PCI sendiri bisa diartikan sebagai arsitektur bus yang menghubungkan perangkat keras dengan processor, karena adanya PCI ini processor tidak perlu bekerja sepenuhnya untuk membaca perangkat I/O yang ada dalam komputer, namun PCI lah yang menjalani tugas untuk membaca perangkat I/O yang terdapat pada komputer.

Dalam dunia PCI sendiri banyak macam dan jenisnya, dan PCI sendiri diusung oleh raksasa industri processor yakni Intel Corperation. Dari mulai yang tertua yakni PCI biasa sampai sekarang PCI Express yang pastinya mempunyai perbedaan yang signifikan dari segi transmisi data sampai bentuk.

Macam-macam PCI

Oke.. disini saya akan bahas tentang PCI Express PCIe, karena PCIe ini  sekarang banyak digunakan di motherboard yang versi baru.



2. Macam-Macam Slot PCI


Gambar di atas menunjukan macam-macam slot PCI yang mempunyai kecepatan bandwidth yang berbeda.

PCIe bisa disebut juga protokol berlapis yang terdiri dari Lapisan Fisik, Lapisan Transaksi dan Lapisan Data Link.

Cukup sekian dari saya semoga bermanfaat apabila ada yang mau ditanyakan silahkan comment untuk kita saling berdiskusi.



Source:

Linda Null,Pennsylvania State University Linda Null,Julia Lobur - The Essentials of Computer Organization and Architecture

V. RAJARAMAN,T. RADHAKRISHNAN - COMPUTER ORGANIZATION AND ARCHITECTURE

William Stallings - Computer Organization and Architecture Designing for Performance


0 comments:

Post a Comment